Sabtu, 14 Oktober 2023

Ikan Dori Fillet adalah Ikan Patin? BENAR!

Apakah iya ikan dori fillet yang dijual di frozen food itu sebenarnya adalah ikan patin? IYA BENAR!. Nah, belakangan ini sempat melihat perdebatan netizen soal Ikan Dori Fillet Itu adalah Ikan Patin

Ikan dori fillet adalah ikan patin

Hal ini jadi perdebatan karena sebagian taunya ikan dori yang dipasaran itu adalah ikan dori yang berasal dari laut. Mereka tak menyangka kalau ikan dori fillet yang dipasaran itu sebenarnya adalah ikan patin. 


Tapi sebagian orang sudah tau sih kalo yang dimaksud ikan dori fillet yang dijual di frozen food, ikan dori di menu resto atau hotel itu adalah ikan patin.


Kenapa gak dinamai patin fillet gitu aja? Jujur saja ketika Widha Frozen Food memulai jualan ikan beku namanya udah dikenal dipasaran sebagai dori fillet. Ikan patin dengan nama latin pangasius adalah ikan yang umumnya dikonsumsi di Indonesia yang dikenal dengan sebutan ikan dori.


Produk ikan beku dori fillet di Widha Frozen Food biasanya dipakai di hotel, resto atau catering. Jadi kalau misal di hotel ada menu ikan goreng tepung itu aslinya ikan patin fillet yang dikenal dengan istilah ikan dori.


Tapi ya sudahlah, tak usah diperdebatkan toh ikan patin juga bermanfaat. Berikut manfaat ikan patin untuk kesehatan dikutip dari hellosehat.



1. Mendukung perbaikan sel yang rusak


Sudah bukan rahasia jika ikan menjadi sumber makanan kaya protein, termasuk ikan patin.


Kandungan protein dalam ikan patin memberikan banyak manfaat, yang paling utama adalah memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.


Setiap hari sel-sel di tubuh Anda akan mengalami kerusakan. Nah, sel yang rusak ini akan diganti dengan sel baru dan terjaga fungsinya. Begitu juga dengan jaringan maupun organ yang ada di dalam tubuh.


Jika Anda sedang sakit, makanan berprotein ini bisa membantu mempercepat proses pemulihan tubuh.


Asupan protein dari ikan patin memberikan manfaat tersebut, ditambah dengan beberapa kegunaan berikut ini.


• Membuat Anda merasa sehat dan energik menjalani berbagai aktivitas.


• Mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak dan menjaga kesehatan lansia.


• Menjaga kesehatan kulit, kuku, rambut, dan otot.


• Mempertahankan massa tubuh tanpa lemak saat menjalani diet sehat.


2. Menjaga tekanan darah tetap stabil


Kandungan kalium pada ikan patin cukup tinggi ketimbang mineral atau vitamin. Mineral dari ikan patin ini memberikan manfaat bagi tubuh dengan menjaga menjaga tekanan darah.


Ini karena kalium pada ikan dori dapat mengurangi efek natrium yang masuk ke tubuh. Semakin banyak makanan kaya kalium yang Anda konsumsi, semakin banyak pula natrium akan hilang dalam urin.


Seperti yang Anda tahu, natrium dapat meningkatkan tekanan darah. Jika asupannya tinggi, Anda berisiko mengalami hipertensi, atau bisa juga memicu kambuhnya gejala pada pengidap hipertensi.


Adanya kalium bisa menyeimbangkan kadar natrium sehingga hipertensi dan berbagai komplikasinya bisa dicegah.


Kalium juga membantu meredakan ketegangan di dinding pembuluh darah. Manfaat ini membantu menurunkan tekanan darah lebih lanjut.


Perlu Anda Waspadai


Kalium dapat berbahaya bagi pasien dengan penyakit ginjal, kondisi apa pun yang memengaruhi cara tubuh menangani kalium, atau mereka yang mengonsumsi obat tertentu. Jadi, asupannya perlu diperhatikan.


3. Menyehatkan tulang


Selain sumber protein, ikan patin juga memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tulang. Ini karena ada kandungan fosfor dan kalsium di dalamnya.


Fosfor adalah komponen penting penyusun tulang dan gigi. Begitu juga dengan kalsium yang mendukung kekuatan dan pertumbuhan tulang.


Tulang sendiri membentuk dan menunjang tubuh, mendukung pergerakan, serta tempat menyimpan berbagai mineral penting.


Dengan menjaga kesehatan tulang, menghindari Anda dari masalah tulang di kemudian hari, seperti patah tulang atau osteoporosis.


Di samping fungsi utamanya, fosfor juga mengaktifkan enzim, mengatur gen, dan menjadi bagian dari struktur membran sel. Sementara kalsium membantu proses penggumpalan darah dan menjaga fungsi saraf.


4. Menurunkan kadar kolesterol


Niasin atau vitamin B3 yang kandungannya cukup tinggi dibanding jenis vitamin B lainnya pada ikan dori. Vitamin ini  digunakan oleh tubuh untuk mengubah makanan menjadi energi.


Di samping itu, vitamin B membantu menjaga kesehatan sistem saraf, sistem pencernaan, dan kulit.


Menurut situs Mayo Clinic, konsumsi niasin dalam bentuk suplemen dapat membantu mengontrol kadar kolesterol.


Potensi ini didapat dari mekanisme niasin dalam meningkatkan kadar kolesterol high-density lipoprotein (HDL), yang Anda kenal juga dengan sebutan kolesterol baik.


Peningkatan HDL bisa mencegah terjadinya kadar kolesterol tinggi yang erat kaitannya dengan penyakit jantung. Anda bisa memperoleh manfaaat ikan dori ini secara optimal dengan tidak menggoreng ikan dalam minyak.


Demikian postingan kali ini tentang ikan dori fillet itu sebenarnya ikan patin. Semoga hal ini menjadi info yang bermanfaat disela-sela perdebatan netizen. Sekian dan terimakasih.


Salam Widha Frozen Fish Supplier

Personal IG @widhadong


Related Posts